DETAIL DOCUMENT
HAMBATAN GURU PENDAMPING DALAM PEMBELAJARAN TEAM TEACHING DI SEKOLAH DASAR (SD) ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
HAQI, Yudi Muhtadin
Subject
Manajemen Kelas, Pengajaran 
Datestamp
2022-09-15 01:28:26 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya guru pendamping dalam pembelajaran team teaching. Penelitian ini difokuskan pada hambatan guru pendamping dalam pembelajaran team teaching di kelas II A dan VI A SD Islam Ta?allumul Huda Bumiayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan guru pendamping dalam pembelajaran team teaching di SD Islam Ta?allumul Huda Bumiayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Hambatan internal tahap awal atau perencanaan yaitu guru pendamping tidak ada hambatan yang dialami. Sedangkan hambatan eksternal guru pendamping mengalami hambatan yaitu kurangnya kerjasama dan komunikasi guru inti terhadap guru pendamping dalam komponen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hambatan internal tahap inti yaitu guru pendamping tidak ada hambatan yang dialami. Sedangkan hambatan eksternal guru pendamping yaitu keterbatasan fasilitas karena fasilitas pembelajaran masih kurang seperti media pembelajaran tidak diterapkan secara keseluruhan dan memanfaatkan dengan baik, siswa ada yang aktif dan pasif dalam pembelajaran karena karakter dari setiap anak berbeda-beda dalam menerima pelajaran. Hambatan internal tahap evaluasi guru pendamping mengalami hambatan yaitu kurang kerjasama karena guru pendamping tidak percaya diri dengan guru inti yang lebih senior yang menyebabkan kurang komunikasi. Sedangkan hambatan eksternal guru pendamping mengalami hambatan yaitu guru inti kurang mengevaluasi bersama dalam pembelajaran dengan guru pendamping. vii 
Institution Info

Universitas Peradaban