DETAIL DOCUMENT
KEUNGGULAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERDASARKAN HASIL LITERATURE REVIEW
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
RAMADHAN, Nico Dwi Cahya
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-09-17 04:02:02 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan pembelajaran IPA yang dianggap sulit oleh sebagian siswa Sekolah Dasar, model pembelajaran yang kurang menarik serta hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan pendeketan kontekstual pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat studi kepustakaan (library research). Data-data yang berkaitan dengan penelitian diperoleh dari hasil penelitian- penelitian terbaru yang relevan berkaitan dengan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan kontekstual pada siswa Sekolah Dasar yang diperoleh dari literatur-literatur berupa jurnal, buku, internet, artikel ilmiah, skripsi, laporan penelitian/ilmiah dan sumber pustaka yang relevan. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Organize, Synthesize, Dan Identifity. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta meningkatkan prestasi belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah pendidik hendaknya lebih mengembangkan model pembelajaran yang digunakan terutama pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. 
Institution Info

Universitas Peradaban