DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SD NEGERI CIKEUSAL KIDUL 02 KECAMATAN KETANGGUNGAN KEBUPATEN BREBES
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
KUSYATI, Kusyati
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-09-18 04:28:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran generatif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa Kelas IV SD Negeri Cikeusal Kidul 02 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Meode peneletian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Cikeusal Kidul 02. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling kelompok. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini menggunakan test, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t . Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas model pembelajaran generatif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa Kelas IV SD Negeri Cikeusal Kidul 02 telah mencapai 75 % dari ketuntasan klasikal dan kemampuan penalaran matematis siswa rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik dibandingkan kemampuan penalaran matematis siswa rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Proporsi kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran generatif lebih dari kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yaitu 75 %. Rata-rata total keterampilan mengajar dan kegiatan siswa dalam pembelajaran matematika berada dalam kriteria yang baik. 
Institution Info

Universitas Peradaban