Abstract :
Bus yang dimiliki oleh perusahaan bus diharapkan mampu memberikan
performa yang optimal dan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Hal
tersebut dapat dilihat dari salah satu komponen kendaraan tersebut yaitu ban.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari besaran rolling resistance pada tiap variasi
tekanan ban dan pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar. Dari penelitian
sebelumnya dilakukan oleh Budi Setiyani (2016), yaitu untuk mengetahui Pengaruh
Tekanan dan Beban Pada Ban Radial Terhadap Rolling Resistance Kendaraan
Penumpang.
Untuk mencari besaran rolling resistance pada tiap variasi tekanan ban,
peneliti melakukan eksperimen tentang metode coast down. Pada tahap
perhitungan konsumsi bahan bakar setiap variasi tekanan ban menggunakan
metode kuantitatif atau berhubungan dengan pengolahan angka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh tekanan ban
terhadap konsumsi bahan bakar pada kendaraan bus Isuzu. Pada tekanan ban
depan 68 psi dan belakang 85 psi menghasilkan gaya Rr 769,692 N dengan
konsumsi bahan bakar 304,622 liter/tahun. Pada tekanan 58 psi dan 75 psi gaya
Rr sebesar 874,650 N dengan konsumsi bahan bakar 346,161 liter/tahun. Tekanan
48 dan 65 psi menghasilkan gaya Rr 973,643 N dengan konsumsi bahan bakar
385,340 liter/tahun. Pada tekanan 38 psi dan 55 psi gaya Rr sebesar 1.066,293 N
dan konsumsi bahan bakar 422,008 liter/tahun. Semakin turun tekanan ban,
semakin besar gaya rolling resistance dan konsumsi bahan bakar semakin
meningkat. Jadi perlu menjaga tekanan ban sesuai spesifikasinya.