DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN VISKOSITAS OLI MESIN BARU DAN OLI MESIN YANG TELAH DIGUNAKAN PADA BUS HINO (STUDI KASUS PERUM DAMRI BANDARA SOEKARNO-HATTA)
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
IRAWAN, NUR ALI
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2023-03-21 05:12:25 
Abstract :
Pelumasan terhadap mesin digunakan untuk menghindari terjadinya gesekan langsung antara logam dalam mesin, sehingga tingkat keausan logam dan tingkat kerusakan mesin dapat dikurangi. Pemeliharaan oli mesin harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku berdasarkan manual book. Masalah yang timbul dalam proses pemeliharaan ini adalah kualitas oli mesin yang sedang digunakan tidak dapat diketahui viskositasnya, dikhawatirkan kualitas oli mesin sudah tidak layak digunakan sebelum jangka waktu penggunaan oli habis. Jika terjadi keterlambatan dalam pemeliharaan oli mesin maka akan mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggantian oli mesin yang tepat setelah diuji dengan menggunakan metode alat ukur kekentalan bola jatuh (Hukum Stokes) dan mengetahui kelayakan kualitas oli mesin yang sedang digunakan serta mendapatkan solusi berupa saran yang tepat kepada perusahaan untuk meminimalisir dampak kerusakan pada mesin mobil bus. Hasil data yang diperoleh berdasarkan penelitian menggunakan metode Hukum Stokes didapat nilai koefisien viskositas adalah oli baru dengan koefisien 14,99 poise, oli pada penggunaan 5.000 km 14,17 poise, oli pada penggunaan 10.000 km (sampel 1) 12,70 poise, dan oli pada penggunaan 10.000 km (2) 13,13 poise. Dengan demikian jika semakin jauh jarak tempuh kendaraan, maka nilai viskositas oli mesin akan berkurang. 
Institution Info

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan