Abstract :
Penggunaan rem secara terus menerus akan menimbulkan panas karena
gesekan antara kampas rem dengan tromol yang akan mengakibatkan fading,
komponen yang berada di dalam tromol rem dapat mengalami kerusakan akibat
dari panas yang lebih (over heating). Kondisi ini sangat berpotensi menimbulkan
kecelakaan yang fatal, khusunya untuk beban pengereman yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu rem terhadap
efisiensi rem dengan metode pengolahan data one way anova. Jenis rem yang
dipakai adalah rem tromol. Pengujian dilakukan pada beberapa tingkat suhu tromol
dan dengan gaya penginjakan pedal rem tetap.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa suhu rem mempengaruhi hasil
pengujian efisiensi rem. Jika suhu rem semakin tinggi maka efisiensi rem semakin
menurun, dimana hasil dari penelitian pada rata-rata suhu 30o
C adalah 75,31%, pada rata-rata suhu 100oC adalah 67,50%, pada rata-rata suhu 150oC adalah 47,19%, dan pada rata-rata suhu 200oC adalah 26,15%.