Abstract :
Kemacetan yang terjadi akibat volume kendaraan yang terus meningkat tanpa
terkendali. Sehingga mengakibatkan jalan raya mencapai titik jenuh yang tinggi
karena jalan yang melebihi kapasitas. Dengan terjadinya kemacetan maka
pengendara tidak terhindar dari penggunaan klakson yang dapat menimbulkan
suara bising.
Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kekuatan bunyi klakson di luar
ruangan dan di dalam ruangan dengan memperhatikan jarak dan lamanya waktu
ketika membunyikan klakson menggunakan alat uji Sound Level Meter Tester.
Selanjutnya data hasil pengukuran di analisis menggunakan analisis distribusi
frekuensi. Dengan nilai terkecil 80,1 dB dengan jarak 3 meter dalam waktu 5
detik dan nilai terbesar 113,9 dB dengan jarak 1 meter dalam waktu 5 detik ketika
di lakukan pengukuran di luar ruangan. Sedangkan di dalam ruangan nilai terkecil
87,2 dB dengan jarak 3 meter dalam waktu 5 detik dan nilai terbesar 120,1 dB
dengan jarak 1 meter dalam waktu 5 detik.
Jadi dapat di simpulkan semakin lama membunyikan klakson tingkat kekuatan
bunyinya menurun sedangkan ketika cepat membunyikan klakson tingkat
kekuatan bunyinya klaksonnya tinggi. Jarak berpengaruh terhadap hasil pengujian
suara klakson, semakin jauh jarak antara alat uji dengan kendaraan yang di uji
maka hasilnya akan semakin kecil.