Abstract :
Tumbuhnya emisi gas yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor telah menjadi
masalah lingkungan utama secara global dan ini dapat dikaitkan dengan peningkatan
penggunaan kendaraan bermotor serta populasi terutama di daerah-daerah dengan
populasi besar dan negara-negara industri maju. Dalam penelitian ini, emisi gas yang
diproduksi oleh kendaraan bermesin bensin. Penelitian ini dilakukan terhadap
kendaraan angkutan barang dan angkutan penumpang di tahun yang berbeda.
penelitian ini menggunakan menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis
regresi linear sederhana menggunakan program SPSS. Tingkat emisi gas buang yang
diukur termasuk karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) menggunakan alat uji
meisi gas buanag (Exhaust Gas Analyzer) yang di hubungkan pada saluran gas buang
kendaraan (kenalpot) dalam kondisi diam (idle).
Hasil penelitian menunjukan bahwa kendaraan yanng menjadi sempel
pengukuran yaitu berjumlah 65 unit kendaraan terbagi 20 kendaraan angkutan orang
dan 45 unit kendaraan angkutan barang. Dari data yang terkumpul dan analisisnya
menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh emisi gas buang terhadap CO
dan HC terhadap tahun pembuatan mobil sebesar 62,5%. 5. Dari hasil kajian secara
keseluruhan diketahui bahwa umur ideal kendaraan adalah berkisar antara 7 ? 10
tahun karena umur kendaraan dengan umur tersebut mampu memenuhi ambang batas
yang ditentukan untuk mobil baru, yakni CO 1,5 % dan HC 200 ppm, dan masih
memberikan nilai ekonomi bagi pemiliknya.