DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI SEKSI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN KEBUMEN
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
SARI, IDHA KENCANA
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2023-05-04 07:40:15 
Abstract :
Sebagai instansi pemerintah pengujian kendaraan bermotor dituntut untuk memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya. Penelitian bertujuan mengetahui pelayanan yang ada pada Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Kebumen, menurut hasil observasi pelayanan administrasi dilakukan dalam 1 loket sebagai loket pendaftaran, pembayaran retribusi dan pengambilan hasil uji. Pada loket terdapat 1 petugas, sering terjadi dokumen terselip tentu saja petugas mengalami kerepotan dan membuat penumpukan pekerjaan pada petugas yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam pemberian pelayanan. Untuk itu dibutuhkan perbaikan dalam pemberian pelayanan. Penulis menggunakan metode diskriptif kualitatif sebagai contoh wawancara terhadap pemohon dan petugas administrasi, catatan lapangan dan dokumen guna untuk meningkatkan pelayanan di Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Kebumen. Hasil dari penelitian ini berupa konsep alur administrasi dari pelayanan administrasi pada Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Kebumen menggunakan 1 loket yang diperuntukkan untuk pendaftaran, pembayaran retribusi dan pengambilan hasil uji menjadi 3 loket dengan loket 1 pendaftaran, loket 2 pembayaran retribusi, dan loket 3 pengambilan hasil uji. Hal ini menambah kemudahan dalam pemberian pelayanan administrasi. 
Institution Info

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan