Abstract :
Sebagai instansi pemerintah pengujian kendaraan bermotor dituntut untuk
memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya. Penelitian bertujuan
mengetahui pelayanan yang ada pada Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor
Kabupaten Kebumen, menurut hasil observasi pelayanan administrasi dilakukan
dalam 1 loket sebagai loket pendaftaran, pembayaran retribusi dan pengambilan
hasil uji. Pada loket terdapat 1 petugas, sering terjadi dokumen terselip tentu saja
petugas mengalami kerepotan dan membuat penumpukan pekerjaan pada petugas
yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam pemberian pelayanan. Untuk
itu dibutuhkan perbaikan dalam pemberian pelayanan.
Penulis menggunakan metode diskriptif kualitatif sebagai contoh
wawancara terhadap pemohon dan petugas administrasi, catatan lapangan dan
dokumen guna untuk meningkatkan pelayanan di Seksi Pengujian Kendaraan
Bermotor Kabupaten Kebumen.
Hasil dari penelitian ini berupa konsep alur administrasi dari pelayanan
administrasi pada Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Kebumen
menggunakan 1 loket yang diperuntukkan untuk pendaftaran, pembayaran
retribusi dan pengambilan hasil uji menjadi 3 loket dengan loket 1 pendaftaran,
loket 2 pembayaran retribusi, dan loket 3 pengambilan hasil uji. Hal ini
menambah kemudahan dalam pemberian pelayanan administrasi.