Abstract :
Salah satu tujuan Pengujian Kendaraan Bermotor yaitu memberikan
pelayanan umum kepada masyarakat, karena pelayanan publik merupakan fungsi
aparat negara sebagai pelayan masyarakat. Di dalam pengujian diperlukan sistem
pelayanan yang optimal, karena dengan pelayanan yang cepat dan tepat akan
berpengaruh baik terhadap mutu pelayanan.
Seksi Pengelola Sarana Transportasi Dinas Perhubungan Kota Semarang
merupakan salah satu instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat
dalam pengujian kendaraan bermotor. Sistem administrasi dan proses pelaporan
yang belum optimal mempengaruhi proses pelayanan administrasi pengujian
kendaraan bermotor.
Metode yang digunakan dalam penelitian optimalisasi sistem administrasi
pengujian kendaraan bermotor untuk meningkatkan pelayanan pengujian
kendaraan bermotor guna mengetahui sistem yang sedang berjalan adalah
menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil analisis permasalahan yang diperoleh, penulis
merekomendasikan perubahan alur proses administrasi untuk uji kendaraan baru,
rubah bentuk dan mutasi masuk, pembagian tugas pada masing-masing petugas
administrasi yang jelas, penulisan lembar hasil pemeriksaan menggunakan dot
matrix, pembagian warna dalam kartu induk sesuai dengan jenis kendaraan dan
penataan penggolongan penyimpanan kartu induk menggunakan sistem kearsipan
tanggal atau waktu sehingga dapat membatu instansi terkait dalam kegiatan
administrasi dan meningkatkan pelayanan administrasi pengujian kendaraan
bermotor.