Abstract :
Unit pelaksana teknis Pengujian Kendaraan Bermotor merupakan Instansi
Pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan publik dituntut untuk dapat
memberikan pelayanan publik dengan sebaik-baiknya bagi masyarakat. Untuk
mengetahui berapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
pengujian kendaraan bermotor roda empat dan/atau lebih pada Pengujian
Kendaraan Bermotor Kota Pangkalpinang, perlu dilakukan survei indeks kepuasan
masyarakat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif
kuantitatif dengan hasil dapat mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap
pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat serta mengetahui unsur-unsur
yang kurang optimal dalam pelayanan tersebut. Hasil pencapaian indeks kepuasan
masyarakat dari pengolahan data kuesioner menunjukkan nilai sebesar 3,83 yang
termasuk dalam kategori Baik (B). Namun masih ada beberapa indikator yang
mendapatkan nilai terendah dan harus dioptimalkan guna mencapai kualitas
pelayanan yang maksimal, antara lain yaitu unsur kenyamanan lingkungan dengan
nilai 3,24 dan unsur keamanan pelayanan dengan nilai 3,32.