DETAIL DOCUMENT
OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI DENGAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KOTA PANGKALPINANG
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
YANSYAKH, DZAKY SEPRI
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2023-05-05 08:39:00 
Abstract :
Unit pelaksana teknis Pengujian Kendaraan Bermotor merupakan Instansi Pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan publik dituntut untuk dapat memberikan pelayanan publik dengan sebaik-baiknya bagi masyarakat. Untuk mengetahui berapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pengujian kendaraan bermotor roda empat dan/atau lebih pada Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Pangkalpinang, perlu dilakukan survei indeks kepuasan masyarakat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan hasil dapat mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat serta mengetahui unsur-unsur yang kurang optimal dalam pelayanan tersebut. Hasil pencapaian indeks kepuasan masyarakat dari pengolahan data kuesioner menunjukkan nilai sebesar 3,83 yang termasuk dalam kategori Baik (B). Namun masih ada beberapa indikator yang mendapatkan nilai terendah dan harus dioptimalkan guna mencapai kualitas pelayanan yang maksimal, antara lain yaitu unsur kenyamanan lingkungan dengan nilai 3,24 dan unsur keamanan pelayanan dengan nilai 3,32. 
Institution Info

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan