DETAIL DOCUMENT
KERTAS KERJA WAJIB PENGARUH KONDISI KOMPRESOR REM ANGIN TERHADAP HASIL UJI REM PADA KENDARAAN BUS
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
KUNCORO, FEBBY VECTORIA SUKMA
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2023-05-05 08:40:46 
Abstract :
Kompresor rem angin berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan yang digunakan dalam proses pengereman. Kondisi kompresor bisa dilihat berdasarkan besar tekanan angin yang dihasilkan oleh suatu kendaraan. Jadi saat kendaraan membutuhkan tekanan angin tetapi dengan kondisi kompresor yang bermasalah, bisa mempengaruhi produksi tekanan rem yang berdampak pada gagalnya sistem pengereman pada kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kondisi kompresor berpengaruh tehadap besar tekanan rem angin dan menyebabkan penurunan drastis pada saat pengereman sehingga dapat mempengaruhi hasil uji pengereman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan mengamati dan memeriksa secara langsung kondisi kompresor rem angin yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat (kausalitas) antara variabel bebas (independen) yaitu kondisi kompresor dan variabel terikat (dependen) yaitu hasil uji effisiensi rem utama. Data hasil penelitian diolah menggunakan Microsoft Excel dengan penyajian data berupa grafik. Data hasil penelitian juga diolah menggunakan JASP dengan analisis regresi korelasi untuk membuktikan bahwa besar tekanan kompresor dapat mempengaruhi hasil uji rem. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa besar tekanan kompresor dapat mempengaruhi hasil uji rem. Dibuktikan dengan output hasil uji regresi korelasi yaitu p value < 0,001 yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara besar tekanan kompresor dengan hasil uji effisiensi rem. Perbedaan besar tekanan kompresor sebelum dan sesudah sangat dipengaruhi dari kondisi kompresor. Kendaraan yang kondisi kompresornya mengalami kerusakan dapat menyebabkan penurunan yang drastis pada saat pengereman dan produktifitas tekanan rem tidak berjalan normal. 
Institution Info

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan