Abstract :
INTISARI
Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi saat ini
telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan diberbagai aspek, salah
satunya pada pelayanan publik. Pelayanan publik dituntut untuk
menyelenggarakan pelayanan yang efektif dan efisien. Pada penelitian
sebelumnya yang dilakukan Rudi Hartoyo (2007) penelitian ini bertujuan untuk
memberikan gambaran upaya apa saja yang dilakukan Pemerintah Kecamatan
Kandangan Kabupaten Kediri untuk meningkatkan pelayanan administrasi publik
khususnya dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), mendeskripsikan
pelaksanaan program tersebut di lapangan dan hambatan apa saja yang dihadapi
selama pelaksanaanya di lapangan.
Pada penelitian ini, metode yang digunakan dalam penelitian analisis
pelayanan administrasi manual dan bukti lulus uji elektronik yaitu dengan
menggunakan metode observasi dan dokumentasi, kemudian analisis datanya
menggunakan analisis deskriptif dengan mengambil data primer dan sekunder
dari unit pelaksana teknis pengujian kendaraan bermotor kota Tasikmalaya.
Pengambilan data penelitian ini dihasilkan dari pengamatan langsung
dilapangan dengan menggunakan metode survey pendaftaran, retribusi,
pencetakan kartu,input data, pencetakan sertifikat, dan survey tanda tangan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini terdapat perbedaan waktu 33 menit pada
pelayanan administrasi manual dengan pelayanan administrasi bukti lulus uji
elektronik.