Abstract :
Kendaraan bermotor adalah sarana transportasi yang memepunyai fungsi
paling baik diantara sarana transportasi lainnya dijalan. Selain harus memenuhi
fungsinya sebagai media pengangkut, kendaraan bermotor juga harus mempunyai
fitur keselamatan baik untuk pengemudi maupun penumpang. Salah satu komponen
yang merupakan bagian dari sistem keselamatan adalah sistem rem. Untuk itulah
perlunya dilakukan pengujian dari sistem rem guna menjamin keselamatan dari
kendaraan tersebut. Dengan adanya perkembangan teknologi terjadi beberapa
kendala dalam pengujian kendaraan bermotor. Yaitu salah satunya adalah
pengujian rem pada kendaraan yang dilengkapi dengan Load Sensing Porpotioning
Valve (LSPV).
Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperiman, dimana penelitian
ini dilakukan diketahui dari perhitungan efisiensi rem dan perhitungan perlambatan
dari hasil uji Brake Tester dan hasil pengukuran jarak pengereman Road Test
kemudian dibandingkan dengan ketentuan efisiensi rem dan jarak pengeraman dari
efisiensi rem (Gaya rem) Minimal 50% x G Axle, dan perlambatan Minimal 5 m/dt².
Hasil dari perhitungan dilakukan dengan penambahan beban dapat dihitung
efisiensi rem dan perlambatan yang dibutuhkan dari gaya pengereman yang
dihasilkan.
Hasil dari penelitian ini dihasilkan pengaruh dari beban dan kondisi ban
terhadap gaya rem, efisiensi rem dan perlambatan dengan cara perhitungan efisiensi
rem dan jarak henti pengereman dengan penambahan beban dari berat kosong
sampai dengan Daya angkat pada bak kendaraan yang dilakukan dengan alat uji
Brake tester dan percobaan Road Test, beban kendaraan ini mempunyai pengaruh
terhadap gaya rem, semakin berat beban yang di tumpu maka semakin besar gaya
pengereman kendaraan. Dengan dilakukannya penelitian pengujian dengan cara
Road Test dan uji Brake Tester sebagai alternatif pengujian rem dengan cara
penambahan beban pada kendaraan dan juga menggunakan kondisi ban yang
berbeda pada penelitian ini diharapkan menghasilkan pengujian efisiensi rem yang
tepat pada kendaraan yang dilengkapi sistem LSPV.