Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
SA’DIYAH, NUR HALIMATUS
Subject
T Technology (General)
Datestamp
2023-06-12 03:58:43
Abstract :
Kendaraan adalah suatu sarana angkut di jalan yang terdiri atas
kendaraan bermotor dan kendaraan tidak bermotor sesuai dengan PP nomor 55
tahun 2012 pasal 1. Tekanan angin ban yang kurang pada kendaraan
menimbulkan dampak negatif yaitu pengereman tidak maksimal. Penelitian ini
membahas tentang pengaruh perbedaan tekanan angin ban terhadap hasil
pengujian rem di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung Kota Surabaya,
pada mobil barang Isuzu TLD 24 C bak terbuka dengan variasi tekanan angin
ban menggunakan alat uji brake tester guna menentukan nilai pengaruh
perbedaan tekanan angin ban terhadap efisiensi pengereman dan lebar tapak
ban pada kendaraan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental pada
kendaraan tanpa beban, beban < 10% JBI dan beban > 10% JBI. Namun pada
penelitian efisiensi rem dengan beban > 10% JBI, efisiensi rem tidak memenuhi
standar yang telah ditetapkan pada PP nomor 55 tahun 2012 pasal 67 ayat 1.
Efisiensi rem paling besar dengan nilai 48.9% sedangkan efisiensi rem paling
kecil dengan nilai 41%. Pada penelitian efisiensi rem kendaraan tanpa beban
terdapat penyimpangan yang besar, sumbu 1 bernilai 18.8% dan sumbu 2
bernilai 8.5%. Keduanya tidak memenuhi standar yang ditetapkan JIS. Oleh
karena itu, perlunya peninjauan kembali pada PM 134 tahun 2015 pasal 26 ayat
6 mengenai toleransi beban dan PP nomor 55 tahun 2012 pasal 67 ayat 1
mengenai kelulusan pengujian rem tidak hanya mencantumkan efisiensi rem saja
tetapi perlu ditambahkan peraturan mengenai penyimpangan rem pada
kendaraan agar tidak membahayakan keselamatan di jalan.