Abstract :
Front wheel alignment adalah komponen yang sangat penting bagi
kendaraan bermotor, apabila saat dilakukan uji side slip ternyata alat uji tersebut
mengalami error, maka perlu melakukan alternatif dalam melakukan pengukuran
penyimpangan kincup roda depan, supaya pengujian side slip masih dapat
berjalan dengan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil
pengukuran kincup roda depan dengan pengukuran manual yaitu menggunakan
dial gauge dan road test untuk dijadikan sebagai alternatif dalam pengujian side
slip apabila alat mengalami error.
Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian komparatif, yaitu
perbandingan. Penelitian ini juga menggunakan metode kuntitatif. Metode ini
juga disebut metode konfirmatif, karena metode ini cocok digunakan untuk
pembuktian/konfirmasi. Dengan metode kuantitatif akan diperoleh signifikasi
perbedaan kelompok atau signifikasi hubungan antar variabel yang diteliti, yaitu
dengan membandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel. Berdasarkan hasil
penelitian, nilai selisih rata-rata pengukuran side slip dengan dial gauge adalah
0.416 mm dan hasil uji Independent Sampel T-Test nilai t-hitung (1.4732967)
lebih kecil dari nilai t-tabel (2.048407115), sedangkan nilai selisih rata-rata
pengukuran side slip dengan road test adalah 3,672 mm dan hasil uji
Independent Sampel T-Test nilai t-hitung (28.27561906) lebih besar dari nilai t?tabel (2.048407115). Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengukuran menggunakan
dial gauge lebih akurat dari pada pengukuran secara road test.