Abstract :
Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi adalah
memberikan pelayanan baik kepada unit-unit kegiatan di dalam organisasi maupun
kepada pihak di luar organisasi. Pelayanan yang diberikan tidak hanya sekedar
memberikan bantuan terhadap kebutuhan pelanggan, tetapi juga memberikan
pelayanan yang baik kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pelayanan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Karanganyar Jawa
Tengah diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan indeks kepuasan
masyarakat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dengan hasil data dalam
bentuk angka serta Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner,
dan wawancara. Penelitian dilakukan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor yang
direncanakan pada bulan Februari sampai Maret 2020. Responden berjumlah 52
masyarakat dilingkungan UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten
Karanganyar. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental sampling dimana
responden dipilih secara kebetulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di UPT Pengujian Kendaran
Bermotor Kabupaten Karanganyar sudah baik dengan mendapat nilai IKM sebesar
79,12 dengan mutu pelayanan berada pada tingkat ?B? (baik). Ditemukan 1 unsur
mendapat nilai A, 4 unsur mendapat nilai B, dan 4 unsur mendapat nilai C. Unsur
yang mendapat nilai C adalah persyaratan, waktu penyelesaian, biaya/tarif, dan
penanganan pengaduan, saran dan masukan. Terdapat kekurangan pada unsur
persyaratan untuk informasi persyaratan yang hanya terdapat atau tertempel
didinas saja. Untuk unsur waktu penyelesaian berupa sering terjadi gangguan
jaringan internet dan antrian panjang ketika alat uji lagi bermasalah. Unsur
tarif/biaya berupa pembayaran melalui transfer hanya bisa via bank Jateng. Untuk
unsur penanganan pengaduan, saran dan masukan berupa tidak ada petugas
khusus untuk melayani langsung pengaduan, saran dan masukan.