Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
SUGIHARTO, RYAN PRADANA PUTRA
Subject
T Technology (General)
Datestamp
2023-06-20 03:46:35
Abstract :
Sebagai salah satu instansi pemerintahan unit pelaksana teknis
penyelenggara pelayanan publik, Kantor/Balai Pengujian Kendaraan Bermotor
dituntut untuk dapat memberikan pelayanan publik dengan sebaik-baiknya bagi
masyarakat. Untuk mengetahui berapa besar tingkat kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan pengujian kendaraan bermotor roda empat dan/atau lebih
pada Kantor/Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Surabaya, perlu dilakukan
peningkatan manajemen waktu pelayanan pengujian berkala kendaraan bermotor.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif
dengan hasil dapat mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
yang telah diberikan kepada masyarakat serta mengetahui aspek-aspek yang
kurang optimal dalam pelayanan tersebut. Hasil dari skor wawancara dari
pengolahan data hasil skor wawancara menunjukan nilai sebsesar 77,5% yang
termasuk dalam kategori Cukup.
Namun masih ada beberapa aspek yang mendapatkan nilai terendah dan
harus ditingkatkan kembali guna mencapai kualitas pelayanan yang maksimal,
antara lain yaitu aspek efisiensi waktu dengan nilai 21%, aspek efektifitas dengan
nilai 50% dan aspek manajemen pelayanan dengan nilai 35%.