Abstract :
Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi oleh beberapa faktor diantaranya faktor
manusia, faktor sarana, faktor prasarana, faktor lingkungan dan faktor pendukung.
Factor penyebab terjadinya kecelakaan yang paling banyak adalah rem blong. Hal
ini dikarenakan saat pengujian rem kendaraan diuji dalam keadaan statis (diam),
sedangkan ketika kendaraan tersebut dioperasikan dijalan banyak faktor yang
mempengaruhi efisiensi pengereman salah satunya faktor kecepatan berkendara.
Penelitian ini untuk menganalisa pengaruh kecepatan terhadap hasil efisiensi
pengereman ketika kendaraan dioperasikan dijalan serta mengetahui hasil efisiensi
rem dengan cara road test.
Adapun metode yang digunakan adalah metode eksperimen sehingga uji
coba sangat menentukan hasi dari penelitian ini. Penelitian eksperimen adalah
penelitian yang dilakukan terhadap variable dan data-datanya belum ada sehingga
perlu dilakukan proses manipulasi melalui pemberian perlakuan tertentu terhadap
subjek penelitian yang kemudian diamati/diukur dampaknya. Pada penelitian ini
metode tersebut digunakan untuk mencari pengaruh penambahan kecepatan
terhadap efisiensi pengereman dengan pengukuran road test yang dibandingkan
dengan pengujian menggunakan Roller Brake tester.
Berdasarkan hasil dari peneitian ini didapatkan nilai dari ketiga
perbandingan tersebut menunjukkan nilai thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha
diterima yaitu terdapat perbedaan hasil efisiensi rem pada saat menggunakan
Roller Brake tester dan dilakukannya road test 50km/jam, 60km/jam, 70 km/jam.
Dari analisa data tentang pengaruh kecepatan terhadap hasil effisiensi rem pada
saat kendaraan dioprasikan dijalan dibuktikan menggunakan analisis regesi
sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima berarti terdapat pengaruh
kecepatan terhadap hasil efisiensi rem serta Untuk hasil pengukuran effisiensi
pengereman dengan metode road test.