Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh ketidaksesuaian setelan front
wheel alignment terhadap hasil keakuratan side slip tester di seksi pengujian
kendaraan bermotor kabupaten bekasi, implementasi yang dimaksud adalah setelan
front wheel alignment yang mempengaruhi hasil pengujian side slip tester, serta
kondisi perawatan dan kalibrasi alat uji side slip dengan optimal agar hasil dari alat
uji akurat sehingga mengurangi kecelakaan akibat dari penyimpangan roda depan.
Dengan dilakukannya pengambilan data di gedung pengujian kendaraan
bermotor kabupaten bekasi yang berupa pengujian side slip tester kepada mobil
barang gran max yang berbeda-beda dan pengunaan alat camber, caster, king pin
gauge untuk pemeriksaan front wheel alignment diharapkan mampu menemukan
pengaruh dari setelan front wheel alignment terhadap hasil pengujian side slip
tester.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan ketidaksesuaian setelan
front wheel alignment berpengaruh terhadap hasil pengujian side slip tester.
Kondisi dari side slip tester juga dapat mempengaruhi dari hasil pengujian side slip
tester, jadi perawatan berupa perawatan harian, bulanan, enam bulan, setahun serta
kalibrasi harus dilaksanakan dengan benar. Sesuai tujuan dari penelitian yaitu
mengetahui masalah front wheel alignment yang dapat berpengaruh terhadap hasil
pengujian side slip tester.