Abstract :
Pool DAMRI Jagir adalah bengkel yang dimiliki Perum DAMRI Cabang
Surabaya yang digunakan untuk memperbaiki kendaraan niaga yang dimiliki
DAMRI Cabang Surabaya, namun dengan kondisi bengkel yang bisa dikatakan
kurang layak maka dapat menyebabkan beberapa resiko negatif, serta pada Pool
DAMRI Jagir memberikan jasa perawatan dan perbaikan kendaraan kepada pihak
luar yang akan melakukan perawatan dan perbaikan kendaraanya, sehingga bengkel
harus menjaga kualitas untuk memastikan pekerjaanya telah baik dan sesuai.
Untuk mengetahui manajemen perawatan dan perbaikan pada Pool DAMRI
Jagir, dilakukan dengan tolak ukur menggunakan tipe bengkel dan mutu manajemen,
analisis yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif dan studi literatur.
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan cara perhitungan
atau matriks untuk menentukan sebuah hasil dari penelitian yang telah dilakukan.
Dengan dilakukanya langkah-langkah dalam penelitian didapatkan hasil dari manajemen perawatan dan perbaikan pada Pool DAMRI Jagir yaitu, mutu manajemen berada pada level C ?Implementation available, Not Consistent?. Untuk tipe bengkel pada Pool DAMRI Jagir adalah tipe A ?merupakan bengkel yang mampu melakukan jenis pekerjaan perawatan berkala, perbaikan kecil, perbaikan besar, perbaikan chassis dan body.