Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
PRASETYO, MOCHAMAD ARFENDO EKO
Subject
T Technology (General)
Datestamp
2023-12-11 09:33:26
Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan besar daya dan torsi kendaraan
Fortuner 2.7 SRZ A/T yang menggunakan berbagai variasi jenis busi pada berbagai
ukuran celah busi dan rpm yang di tentukan,serta pengaruh nya terhadap kerja
mesin dan busi mana yang sesuai untuk Toyota Fortuner 2.7 SRZ A/T.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimental untuk
menyelidiki pengaruh suatu variabel terhadap variabel yang lain untuk mencapai
tujuan mengetahui pengaruh variasi ukuran celah dan jenis busi terhadap daya dan
torsi pada mesin kendaraan Toyota Fortuner.dengan alat bantu menggunakan
Dynamometer type chasis.
Dengan hasil daya pada putaran mesin 1500 rpm diperoleh perbandingan dari
kedua jenis busi adalah dengan nilai 89,5 PS yaitu pada busi LZFR6AI dengan nilai
daya tertinggi,pada 2000 rpm diperoleh perbandingan dari kedua jenis busi dengan
nilai daya tertinggi yaitu 96 PS pada Busi LFR6AIX-11, Pada 2500 putaran mesin
diperoleh perbandingan dari kedua jenis busi dengan nilai daya tertinggi yaitu 138,2
PS pada busi LFR6AIX-11 lebih unggul sedikit dari busi LZFR6AI dengan nilai 138,1
PS, pada putaran 3000 rpm diperoleh perbandingan dari kedua jenis busi dengan
nilai daya tertinggi yaitu 162,1 PS pada busi LFR6AIX-11.
Dan torsi pada putaran mesin 1500 rpm diperoleh perbandingan dari kedua
jenis busi adalah dengan nilai 90,2 Nm yaitu pada busi LFR6AIX-11 dengan nilai
torsi tertinggi,pada 2000 rpm diperoleh perbandingan dari kedua jenis busi dengan
nilai torsi tertinggi yaitu 161 Nm pada Busi LFR6AIX-11, Pada 2500 putaran mesin
diperoleh perbandingan dari kedua jenis busi dengan nilai daya tertinggi yaitu 198,2
Nm pada busi LFR6AIX-11 lebih unggul sedikit dari busi LZFR6AI dengan nilai 197,5
Nm, pada putaran 3000 rpm diperoleh perbandingan dari kedua jenis busi dengan
nilai daya tertinggi yaitu 140,6Nm pada busi LZFR6AI.