Abstract :
Pada zaman sekarang transportasi adalah salah satu kebutuhan primer bagi
masyarakat yang digunakan untuk bepergian ke setiap tempat yang ingin dituju mulai
dari tempat dekat hingga jauh. Pemprov DIY bekerjasama dengan PT. Anindya Mitra
Internasional untuk menyelenggarakan angkutan masal TransJogja untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat tersebut. Bis operasional Transjogja rentan mengalami
kerusakan terutama pada ban kendaraan yang setiap saat mengalami keausan secara
terus menerus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar keausan ban
pada kendaraan Transjogja dan kapan penggantian ban yang ideal pada kendaraaan.
Metode yang dibutuhkan untuk mendapatkan data keausan dan penggantian ban
kendaraan menggunakan metode analisis dan perhitungan. Untuk mendapatkan data
tingkat keausan operasional pada masing-masing jalur yang dilalui secara akurat. Data
yang diambil tiangkat keausan pada kendaraan setiap minggu pada masing-masing
jalur. Kendaraan yang diambil untuk pengambilan data satu kendaraan pada setiap
jalurnya.
Dari metone pengambilan dan pengolahan data diatas mendapatkan hasil pada
setiap jalurnya mengalami keausan yang berbeda. Seperti pada jalur 6B yang memiliki
tingkat keausannya dalam 1 bulan sebesar 2,05 mm dengan jarak tempuh 6831 km.
Dan penggantian ban yang ideal pada jalur tersebut adalah 6,06 bulan dari ban
kendaraan yang telah diganti pada hari penggantian tersebut.