Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kecelakaan pada usia remaja
dan usaha yang dilakukan guna mengurangi jumlah kejadian kecelakaan belum
dilakukan secara optimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi
eksisting pendidikan keselamatan pada ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah
(PKS) SMA Negeri Wangon, mengetahui nilai karakter keselamatan berlalu lintas
pada anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMA Negeri Wangon, dan
menghasilkan usulan desain pengintegrasian pendidikan keselamatan pada
kurikulum ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota Patroli
Keamanan Sekolah (PKS) SMA Negeri Wangon yang berjumlah 26 siswa. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam
bentuk persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kondisi eksisting pendidikan
keselamatan pada ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMA Negeri
Wangon secara keseluruhan berada pada kategori ?Cukup? sebesar 53,4%. Nilai
karakter keselamatan berlalu lintas pada anggota ekstrakurikuler Patroli
Keamanan Sekolah (PKS) SMA Negeri Wangon secara keseluruhan berada pada
kategori ?Rendah? sebesar 36,8%.
Kata Kunci: Patroli Keamanan Sekolah, Kondisi Eksisting, Nilai Karakter