Abstract :
Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 90 pengemudi
dibatasi waktu untuk berkendara selama 8 jam dalam satu hari, batas
maksimal berkendara selama 12 jam dalam 1 hari yang pada setiap 4 jam
harus beristirahat selama 30 menit. Hal ini untuk memulihkan konsentrasi dan
daya refleks sehingga dapat terhindar dari resiko kelelahan atau gangguan
microsleep.
Penelitian ini dibuat untuk merancang bangun alat lane keep assist
berbasis mikrokontroler arduino uno. Metode penelitian yang digunakan adalah
Research and development yaitu metode untuk menghasilkan produk dan
menguji keefektifannya. Tahapan pembuatan rancang bangun ini yakni
pembuatan wiring rangkaian komponen pada Software Fritzing, pembuatan
program atau coding (sketch) pada Arduino IDE, perakitan komponen,
pemasangan komponen alat pada media prototype, dan pengujuan alat
apakah sudah berfungsi dengan baik atau tidak.
Rancang bangun alat ini memiliki 3 kinerja, yaitu Pertama dapat
diperoleh dari pembacaan sensor TCRT5000 terhadap garis yang kemudian
data akan diteruskan ke Arduino untuk memerintahkan menggerakan motor
servo sebagai pengganti sistem kemudi, buzzer ON, Layar LCD menampilkan
tulisan kanan atau kiri, dan lampu LED ON. Kedua dapat diperoleh dari
pembacaan sensor GY-50 terhadap perubahan sudut kemudi yang akan
diteruskan ke Arduino untuk di tampilkan pada layar LCD. Ketiga dapat
diperoleh dari pembacaan sensor SRF04 terhadap benda/objek yang kemudian
diteruskan ke Arduino untuk memerintahkan menggerakan motor servo
sebagai simulasi penginjakan pedal rem, menonaktifkan motor dc, buzzer ON,
menampilkan tulisan bahaya pada layar LCD, dan lampu LED ON. Berdasarkan
hasil analisis disimpulkan bahwa rancang bangun alat lane keep assist berbasis
Arduino uno dapat terealisasi menjadi sebuah alat yang bisa diaplikasikan dan
disimulasikan pada mobil RC.