DETAIL DOCUMENT
TINGKAT EFEKTIVITAS EFISIENSI PENGEREMAN PADA SISTEM REM LSPV (STUDI KASUS : KENDARAAN SUZUKI NEW CARRY PICK UP DAN GRAND MAX PICK UP)
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
PRATIWI, NUZULIA WAHYU
Subject
TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics 
Datestamp
2023-01-27 04:22:51 
Abstract :
INTISARI Tingkat kecelakaan pada mobil barang semakin meningkat, akibatnya adalah kegagalan pada sistem pengereman banyak berdampak fatal yang berujung kecelakaan, salah satu penyebabnya yaitu brake fade serta ODOL (Over Dimension Over Load). Penyebab dari brake fade adalah temperatur pengereman yang melebihi temperatur maksimum material kampas rem tersebut, sehingga terjadi penurunan koefisien gesek/daya pengereman serta pemicu dari kendaraan ODOL (Over Dimension Over Load) adalah jumlah beban yang melebihi kapasitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi beban terhadap efisiensi rem pada kendaraan yang dilengkapi sistem rem LSPV dan mengetahui tingkat efektivitas efisiensi pengereman pada sistem rem LSPV. Penelitian yang dilakukan oleh penulis pada Kertas Kerja Wajib ini merupakan metode eksperimental yang menggunakan 2 kendaraan yang berbeda yaitu Grand Max Pick Up yang menggunakan sistem rem LSPV dan Suzuki New Carry Pick Up yang menggunakan sistem rem non LSPV. Berdasarkan penelitian ini Penurunan efisiensi di bawah ambang batas 50% pada kendaraan Grand Max terjadi pada beban 900 kg. Penurunan efisiensi di bawah ambang batas 50% pada kendaraan Suzuki New carry Pick Up terjadi pada beban 450 kg . Dari analisa yang dilakukan maka terdapat pengaruh penambahan variasi beban kendaraan tehadap hasil uji efisiensi rem pada kendaraan yang dilengkapi sistem rem LSPV. Sehingga dapat dikatakan bahwa sistem rem LSPV lebih baik daripada sistem rem Non LSPV karena dilihat dari segi penurunan efisiensi rem (%) dibawah ambang batas terdapat perbedaan beban yang cukup signifikan 

Institution Info

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan