Abstract :
INTISARI
Tingkat kecelakaan pada mobil barang semakin meningkat, akibatnya
adalah kegagalan pada sistem pengereman banyak berdampak fatal yang
berujung kecelakaan, salah satu penyebabnya yaitu brake fade serta ODOL (Over
Dimension Over Load). Penyebab dari brake fade adalah temperatur pengereman
yang melebihi temperatur maksimum material kampas rem tersebut, sehingga
terjadi penurunan koefisien gesek/daya pengereman serta pemicu dari kendaraan
ODOL (Over Dimension Over Load) adalah jumlah beban yang melebihi kapasitas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi beban
terhadap efisiensi rem pada kendaraan yang dilengkapi sistem rem LSPV dan
mengetahui tingkat efektivitas efisiensi pengereman pada sistem rem LSPV.
Penelitian yang dilakukan oleh penulis pada Kertas Kerja Wajib ini merupakan
metode eksperimental yang menggunakan 2 kendaraan yang berbeda yaitu Grand
Max Pick Up yang menggunakan sistem rem LSPV dan Suzuki New Carry Pick Up
yang menggunakan sistem rem non LSPV.
Berdasarkan penelitian ini Penurunan efisiensi di bawah ambang batas 50%
pada kendaraan Grand Max terjadi pada beban 900 kg. Penurunan efisiensi di
bawah ambang batas 50% pada kendaraan Suzuki New carry Pick Up terjadi pada
beban 450 kg . Dari analisa yang dilakukan maka terdapat pengaruh penambahan
variasi beban kendaraan tehadap hasil uji efisiensi rem pada kendaraan yang
dilengkapi sistem rem LSPV. Sehingga dapat dikatakan bahwa sistem rem LSPV
lebih baik daripada sistem rem Non LSPV karena dilihat dari segi penurunan
efisiensi rem (%) dibawah ambang batas terdapat perbedaan beban yang cukup
signifikan