Abstract :
Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan pada saat pengereman
adalah berkurangnya daya cengkeraman ban pada jalan sebagai penahan laju
kendaraan. Pemilihan penggunaan produk ban dapat berpengaruh terhadap
efisiensi gaya pengereman dan jarak pengereman. Penggunaan ban vulkanisir
pada saat pengujian efisiensi gaya pengereman dengan brake tester dan jarak
pengereman dengan road test dilakukan untuk mengetahui pengaruh ban
vulkanisir terhadap hasil dari uji rem kendaraan.
Dilakukan penelitian eksperimen dengan metode uji brake tester dan uji road
test untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel
bebas dalam penelitian ini adalah ban orisinil dan ban vulkanisir dengan kondisi
sesuai standar terhadap efisiensi gaya pengereman dan jarak pengereman.
Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil efisiensi pengereman dari uji brake
tester dan uji road test menggunakan kendaraan bus sedang.
Pada uji brake tester didapat rata-rata hasil efisiensi pengereman ban orisinil
sebesar 75%. Sedangkan sumbu 2 yang menggunakan ban vulkanisir didapat hasil
rata-rata sebesar 69%. Pada uji road test didapat rata-rata hasil efisiensi
pengereman ban orisinil sebesar 67%. Sedangkan sumbu 2 yang menggunakan
ban vulkanisir didapat hasil rata-rata sebesar 53%. Didapatkan hasil data pengaruh
ban vulkanisir terhadap efisiensi gaya pengereman dan jarak pengereman yang
disebabkan kualitas daya cengkeram ban vulkanisir terhadap gaya gesek antara
roller brake tester ataupun permukaan jalan. Kedua metode uji tersebut dapat
disimpulkan untuk menentukan nilai efisiensi pengereman kendaraan.
Kata Kunci: Ban vulkanisir, Efisiensi gaya pengereman, Jarak pengereman