DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BEBAN ANGKUT DAN TEKANAN BAN TERHADAP JARAK PENGEREMAN PADA MITSUBISHI COLT T 120 SS PICK UP
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
SANDOVA TP, SALVARTORRY GILBERTH
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2023-07-25 03:27:13 
Abstract :
Faktor faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas meliputi kelalaian pengguna jalan, faktor kendaraan, faktor jalan, serta faktor kondisi lingkungan. Dari faktor tersebut yang sering menyebabkan kecelakaan adalah faktor kendaraan dikarenakan kelalaian perawatan dan perbaikan yang dilakukan terhadap kendaraan bermotor. Maka salah satu sistem yang menunjang keselamatan untuk memenuhi persyaratan teknis dan kelaikan jalan ialah pengujian kendaraan bermotor. Mengetahui pengaruh penambahan variasi beban angkut dan penambahan variasi tekanan ban kendaraan terhadap jarak pengereman dengan metode road test, serta melakukan komparasi hasil uji variasi beban angkut dan variasi tekanan ban terhadap jarak pengereman. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Dimana metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh penambahan beban angkut serta pengaruh penambahan tekanan ban terhadap jarak pengereman pada rem utama pada kendaraan barang. Metode ini berdasarkan pertimbangan bahwa sifat penelitian eksperimental adalah mencoba sesuatu untuk mengetahui atau sebab akibat dari suatu perlakuan. Percobaan menggunakan variasi berbagai tekanan ban yang digunakan, bahwa tekanan ban mempengaruhi jarak pengereman kendaraan, karena tekanan yang rendah membuat tapak ban dan daya cengkram ban dengan jalan lebih kuat dan membuat kendaran memperlambat laju kendaraan sehingga proses pengereman lebih cepat dan perlambatan yang dibutuhkan untuk kendaraan sampai berhenti lebih besar. Percobaan dengan menggunakan variasi berbagai beban angkut yang digunakan, bahwa beban angkut mempengaruhi jarak pengereman kendaraan, karena beban angkut membuat gaya pengereman kendaraan bekerja lebih keras, sehingga jarak pengereman yang di capai semakin pendek serta untuk nilai perlambatan yang terjadi semakin besar. hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan sosialisasi bagi para pengemudi angkutan barang, mengenai tata cara pemuatan barang serta pentingnya melakukan pembatasan besar muatan untuk mencegah rem hilang kendali. Kata kunci : Jarak pengereman, perlambatan ,Road Test, analisis regresi 
Institution Info

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan