DETAIL DOCUMENT
SKRIPSI EFEKTIFITAS MEDIA “PERMAINAN PUZZLE” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG MARKA PADA SISWA SD KELAS 6 (STUDI KASUS SD NEGERI TEGALSARI 5, KABUPATEN BATANG)
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
SUHARTATI, DYAH PANGESTU
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-08-10 01:04:42 
Abstract :
INTISARI Latar belakang penelitian ini mengenai permasalahan pentingnya sosialisasi keselamatan jalan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai etika berlalu lintas yang didalamnya hanya membahas mengenai materi marka jalan saja kepada siswa kelas 6 SD Negeri Tegalsari 5 Kabupaten Batang. Metode penelitian yang digunakaan yaitu metode penelitian penelitian pengembangan atau research and development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE, menggunakan media puzzle sebagai media sosialisasi. Sampel penelitian adalah siswa SD Kelas 6 dengan jumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode One Group Pretest-Posttest Design dengan perhitungan menggunakan Uji Normalitas dan T-test yang diolah dengan IBM SPSS Statistics. Berdasarkan hasil Uji Paired T-test bisa dilihat pada output sig = 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak, artinya bahwa adanya perbedaan pemahaman dan hasil nilai antara sebelum dilakukan sosialisasi menggunakan media. Dimana tingkat pengetahuan mengenai marka jalan pada siswa SD Negeri Tegalsari 5 Batang sebelum dilakukan sosialisasi dengan puzzle marka didapatkan nilai sebesar 41,2 meningkat menjadi 80,8. Efektivitas media bisa dilihat dari hasil perhitungan nilai N-Gain, didapatkan nilai N-Gain sebesar 67% yang masuk pada kategori cukup efektif digunakan untuk media sosialisasi. Kata Kunci: Sosialisasi, Puzzle, Marka Jalan, Efektivitas 
Institution Info

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan