Abstract :
Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah
kondisi jalan. Dalam upaya meminimalisir kecelakaan, pencegahan dapat
dilakukan dengan peningkatan keselamatan melalui perbaikan desain geometri
jalan. Penelitian ini menggunakan metode Accident Modification Factors (AMF)
untuk memprediksi frekuensi kecelakaan yang diakibatkan oleh desain geometri
jalan. Dari hasil perhitungan prediksi kecelakaan menggunakan Safety
Performance Functions (SPF) dan Empirical Bayes (EB), menghasilkan nilai
efektifitas keselamatan sebesar 2% untuk kondisi eksisting geometri jalan.
Pemodelan prediksi kecelakaan juga dilakukan melalui uji Generalized Poisson
Regression (GPR) guna mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap
kecelakaan. Dari hasil pemodelan prediksi kecelakaan diketahui faktor geometri
jalan yang paling berkontribusi terhadap kecelakaan di Jl. Mastrip KM 6-7 adalah
lebar lajur serta lebar dan jenis bahu. Semakin lebar lajur maka resiko
kecelakaan akan semakin meningkat. Lebar bahu yang tidak sesuai standar
dengan jenis permukaan yang tidak diperkeras juga dapat meningkatkan resiko
kecelakaan.
Kata kunci : Keselamatan jalan, geometri jalan, Accident Modification Factors
(AMF), Safety Performance Functions, Empirical Bayes, efektifitas keselamatan.