Abstract :
Dari hasil penelitian tempat parkir di Terminal Tipe A Kota Tegal terdapat
beberapa permasalahan yang menyebabkan kurangnya kinerja tempat parkir di
Terminal, tempat parkir seringkali disalah gunakan fungsinya, kurangnya kontrol
pengawasan Terminal serta Penataan layout tempat parkir yang tidak teratur,
belum adanya pengadaan marka, penempatan rambu yang tepat dan penentuan
sudut parkir, akses keluar masuk kendaraan ke Terminal yang kurang tertata, serta
kurangnya marka dan rambu petunjuk di akses keluar masuk yang bisa berpotensi
bahaya jika kendaraan datang dari arah berlawanan.
Oleh karena itu perlu adanya redesain tempar parkir kendaraan di Terminal
Tipe A Kota Tegal. Untuk mengetahui kondisi eksisting Terminal secara
keseluruhan peneliti pelakukan survei pengamatan dan penilaian khususnya di
bagian tempat parkir, selain itu peneliti juga melakukan analisis parkir untuk
mengetahui kinerja tempat parkir kendaraan di Terminal, dan memberikan desain
parkir sesuai dengan pedoman perencanaan dan pengoperasian fasilitas parkir
yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, Direktorat
jendral Perhubungan darat.
Hasil dari penelitian ini berupa penetapan pola parkir, diketahuinya jumlah
petak parkir serta desain tempat parkir kendaraan yang sesuai pedoman . Jumlah
petak parkir bus AKAP adalah 88 petak, bus AKDP 33 petak, Angkutan 11 petak,
mobil 28 petak, dan sepeda motor 112 petak parkir yang sudah di desain dengan
pola parkir untuk bus akap sudut parkir 90°, Bus AKDP sudut parkir 60°, Angkutan
sudut parkir 90°, Mobil Sudut parkir 90°, Motor Sudut parkir 45°, penentuan sudut
ini berdasarkan percobaan penentuan desain parkir yang paling efektif. Selain itu
ada juga penambahan rambu petunjuk, marka parkir, lampu penerangan,
pengaturan akses keluar masuk, serta penambahan pos dan palang pintu untuk
lebih mengatur dan mengontrol kendaraan yang memasuki Terminal Tipe A Kota
Tegal.
Kata Kunci : Terminal, tempat parkir kendaraan, Redesain, Kinerja Parkir.