Abstract :
Pembangunan jaringan jalan baru atau yang biasa disebut jalan lingkar bisa
menjadi solusi pemecah dari kepadatan lalu lintas yang terjadi di Pusat Kota.
Namun dalam pembangunan jalan lingkar Brebes-Tegal juga nantinya akan
dijadikan pengembangan wilayah di Kabupaten Brebes. Hal ini dikarenakan fungsi
utama dari tujuan pembangunan jalan lingkar ini sudah terbantukan dengan
adanya pembangunan jalan tol yang sudah beroperasi sebelum jalan lingkar
Brebes-Tegal selesai proses pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendesain ruas jalan lingkar utara Brebes-Tegal yang berkonsep TOD guna
mendukung perkembangan wilayah pada kabupaten Brebes.
Dalam penelitian ini dilakukan observasi pada Jalan Pantura dan Jalan Tol untuk
mengetahui jumlah volume kendaraan yang sudah teralihkan dari Jalan Pantura
ke Jalan Tol. Analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja lalu lintas ruas
Jalan Pantura dan Jalan Lingkar Utara Brebes-Tegal adalah dengan mengguanakan
MKJI 1997. Dalam analisis perencanaan desain ruas berkonsep TOD menggunakan
software Autocad 2017 dan SketchUp 2017.
Kinerja pantura eksisting sebelum jalan lingkar beroperasi berdasarkan
perhitungan MKJI 1997 didapatkan tingkat pelayanan B dengan V/C ratio pada
arah ke Cirebon 0,32 smp/jam dan pada arah ke Tegal 0,34 smp/jam.
Perbandingan volume kendaraan yang sudah teralihkan dari jalan pantura ke jalan
tol yaitu sebesar 86% ke jalan tol dengan volume kendaraan 55.362 smp/12jam
dan 14% volume jalan pantura dengan volume kendaraan 8.981 smp/12jam.
Perencanaan konsep TOD pada jalan lingkar utara Brebes-Tegal di kawasan
peruntukan industri dirancang dengan integrasi yang baik antar perlengkapan dan
fasilitas jalan dengan pedestrian dan juga integrasi dari bangunan ke fungsi-fungsi
bangunan yang lainnya.
Kata Kunci : Jalan, Kinerja Ruas, Volume, Pengembangan Wilayah, TOD, Perancangan