Abstract :
Sepeda motor merupakan penyebab tertinggi terjadinya kecelakaan lalu lintas.
Terdapat sekitar 1,25 juta kematian di dunia yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu
lintas dimana sebagian besar merupakan akibat dari sepeda motor (WHO, 2013).
WHO melaporkan bahwa proporsi akibat kecelakaan sepeda motor tertinggi terjadi
di negra-negara Asia Tenggara dan kematian negara-negara Asia Pasifik dimana
masing-masing sebesar 34% (WHO, 2015).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan
menggunakan regresi linier berganda yang meliputi uji validitas dan uji
reabilitas selanjutnya uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedasitas dan selanjutnya uji regresi berganda
yang meliputi uji t dan uji f.
Berdasarkan hasil analisis, hubungan faktor perilaku yang
mempengaruhi praktik safety riding hhanya jenis kelamin dan sikap dari siswa
SMA di Kabupaten Ngawi.