Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan keselamatan
berlalu lintas terutama pemahaman pada rambu ? rambu lalu lintas yang
digunakan untuk mengarahkan, membatasi, memperingati pengguna jalan dalam
berlalu lintas mulai diperkenalkan sejak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media berupa pop up book yang
berjudulkan Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Dengan Media Pop Up Book Pada
Siswa TK DI Kota Pasuruan dalam meningkatkan pemahaman rambu ? rambu
lalu lintas siswa TK di tiga TK dan mengetahui efektifitas penggunaan media ini
dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang rambu lalu lintas. Analisis untuk
meningkatkan pengetahuan siswa TK di Kota Pasuruan menggunakan metode
One Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengolahan data
menggunakan uji Normalitas dan T-test yang diolah dalam (IBM SPSS Statistik
22). Dimana uji validasi media dilakukan dengan validator ahli dengan kriteria
ahli dalam kampanye keselamatan, ahli desain dan guru TK yang ahli dalam
karakteristik siswa TK.
Tingkat pengetahuan rambu lalu lintas siswa TK di Kota Pasuruan sebelum
pembelajaran dengan media pop up book didapatkan hasil rata-rata nilai 50,18.
Setelah pembelajaran dengan media pop up book didapatkan hasil rata-rata nilai
70,07. Berdasarkan hasil Uji Paired Sample T-test terlihat pada output sig =
0,000 < 0,005, maka Ho ditolak, artinya bahwa hasil Pre-test dan Post-test
memiliki perbedaan dengan kata lain Ha diterima. Pada penelitian ini hasil Uji T
tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman antara sebelum
menggunakan media dengan sesudah menggunakan media, terdapat perbedaan
skor hasil akhir tes, sehingga dengan kata lain Uji Paired Sample T-test ini
berhasil untuk mengetahui peningkatan pemahaman rambu siswa dan masuk
dalam kategori pemahaman baik.
Kata kunci : Pemahaman rambu lalu lintas, media pop up book, anak usia dini,
peningkatan pemahaman.