Abstract :
Jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabuapten Boyolali pada tahun 2018,
terdapat 748 kejadian (BPS Kabupaten Boyolali, 2018). Berbagai studi
menunjukkan bahwa faktor manusia berkontribusi terhadap 95% kejadian
kecelakaan, dan merupakan faktor tunggal dari sekitar 65% kejadian kecelakaan
(Grime, 1987). Faktor manusia ini memiliki kontribusi terbesar pada kecelakaan
kendaraan roda empat yang dapat dilihat dari karakteristik sosio ? ekonomi,
karakteristik pergerakan , perilaku pengemudi dan persepsi pengemudi mobil
pribadi. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik kecelakaan,
karakteristik pengemudi mobil pribadi, tingkat pengetahuan atau pemahaman
pengemudi mobil pribadi dan model peluang kecelakaan yang melibatkan mobil
pribadi.
Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif, regresi logistik biner
dan menggunakan skala pengukuran dengan saka likert. Dalam penentuan
responden dengan metode Linear Time Function sebanyak 200 orang. Untuk
analisis data dengan regresi logistik biner menggunakan uji kelayakan model, uji
overall, koefisien determinasi dan uji parsial.
Pada hasil analisis karakteristik kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Boyolali
sebanyak 56% mengalami kecelakan pada pagi hari 25% dengan penyebab
utama faktor manusia 24%. Untuk karakteristik pengemudi mobil pribadi, yang
mengalami kecelakaan yaitu laki ? laki 54%, karyawan swasta 22%, rutin (>5
hari) 43%, untuk bekerja 59%, jarak 10 ? 25 km 34%, waktu 30 ? 45 menit
43%. Untuk usia mulai mengemudi diusia 18 ? 24 tahun 67%, kecepatan 45 ?
60 km/jam 65%, tipe tabrakan samping 36% dan lokasi kecelakaan di tikungan
44%. Tingkat pengetahuan pengemudi mobil pribadi dari aspek perilaku aman
mengemudi 59% atau kategori tinggi, aspek sikap pengemudi 67,5% atau
kategori sedang dan aspek pengetahuan mengemudi 48,5% atau kategori
sedang. Peluang kecelakaan mobil pribadi untuk karakteristik sosio ? ekonomi
adalah 0,57 atau 57%, peluang karakteristik pergerakan pengemudi adalah 0,17
atau 17%, peluang karakteristik perilaku pengemudi adalah 0,70 atau 70% dan
peluang persepsi pengemudi adalah 0,51 atau 51%.