Abstract :
Penelitian dilaksanankan dengan latar belakang tuntutan kebutuhan
masyarakat terhadap mutu layanan kereta api yang akan berganti ke moda trans
metro bandung perlu adanya perbaikan dan peningkatan hal ini sangat
diperlukan untuk menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan dan fasilitas
yang baik dan aman. Tujuan penelitian akan difokuskan pada aspek ?aspek
pelayanan dan Fasilitas Integrasi Moda Trans Metro Bandung yang berada di
Stasiun Hall Kota Bandung, untuk permasalahan diketahui pengaruh kualitas
pelayanan dan fasilitas secara bersama- sama terhadap kepuasan responden
pengguna kereta api yang akan melanjutkanke moda Trans Metro Bandung.
Analisis pada penelitian menggunakan metode Revealated Preference
terhadap kepuasan pengguna kereta api yang melanjutkan perjalanan dengan
moda lain dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang
digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis accidental sampling.
Berdasarkan hasil Pemodelan menggunakan teknik analisis regresi linier
berganda menunjukan nilai 0,281 bahwa variabel pelayanan dan variabel fasilitas
berpengaruuh secara signifikan terhadap kepuasan penumpang yang
menggunakan moda lanjutan dan dapat disimpulkan bahwa harus ada
peningkatan pelayanan dan fasilitas integrasi dengan moda kereta untuk
meningkatkan kepuasan pengguna jasa kereta api. Atas dasar itu, maka dapat
disarankan kepada pengelola stasiun dan pengelola trans metro badung untuk
mengembangkan fasilitas integrasi, dan untuk PEMKAB Kota Bandung agar
mempertahankan kualitas pelayanan dan selalu meningkatkan kualitas fasilitas
integrasi agar lebih menarik dan mempengraruhi kepuasan responden.