Abstract :
Salah satu perwujudan kota yang berwawasan lingkungan adalah adanya
pembangunan sarana transportasi yang ramah lingkungan, yaitu dengan
penyediaan fasilitas jalur khusus sepeda. Dengan jalur sepeda ini diharapkan
pesepeda dapat bersepeda denga naman tanpa terganggu. Permasalahan yang
terjadi yaitu adanya percampuran antara kendaraan bermotor dan kendaraan
tidak bermotor dalam satu jalur yang menyebabkan pesepeda merasa tidak
aman khususnya pada jalur sepeda tipe C dan juga disalahgunakan dengan
adanya parkir on street dan pedagang kaki lima. Banyaknya gangguan yang
terjadi membuat jalur sepeda tidak beroperasi dengan baik. Sehingga kinerja
jalur tersebut tidak maksimal. Maka perlu adanya evaluasi kinerja jalur sepeda
tipe C di Kabupaten Klaten. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kondisi
eksisting jalur sepeda tipe C di Kabupaten klaten (2) Mengetahui tingkat
pelayanan jalur sepeda tipe C menggunakan metode BLOS (Bicycle Level Of
Service) di Kabupaten Klaten (3) Mengetahui desain evaluasi sepeda tipe C untuk
meningkatkan tingkat pelayanan jalur sepeda. Penelitian ini menggunakana
analisis deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan kondisi eksisting jalur
sepeda, kemudian evaluasi tingkat pelayanan menggunakan metode BLOS
(Bicycle Level Of Service) dan desain evaluasi menggunakan media streetmix dan
autocad. Hasil dari analisis menunjukan tingkat pelayanan jalur sepeda tipe C di
Kabupaten Klaten yaitu ?D?, ?E?, dan ?F? dimana lingkungan tersebut tidak aman
untuk pesepeda. Untuk meningkatkan tingkat pelayanan maka perlu adanya
pelebaran jalur lalu lintas, pengurangan kecepatan, pengalihan kendaraan berat
dan penertiban hambatan samping.
Kata kunci : evaluasi kinerja , jalur sepeda, BLOS