Abstract :
Emisi gas buang dari kendaraan dirasakan meningkat seiring dengan pertumbuhan
kendaraan di jalan, terutama pertumbuhan kendaraan komersial bermesin diesel.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas bahan bakar
yang dapat mempengaruhi tingkat kerapatan asap mesin diesel. Pengujiannya
dilakukan dengan mengambil metode uji sampling pada kendaraan yang sudah
dikenal masyarakat yang digunakan oleh Mitsubishi FE 74 Tahu 2008 Mesin Diesel
dan Pengujan Emisi Gas Buang menggunakan Gas Analyzer. Diharapkan dengan
beberapa variabel bahan bakar yang berbeda dapat menentukan seberapa besar
Emisi Gas Buang Kendaraan oleh mesin Diesel. Proses pengujian diputaran mesin
1000 rpm, 1500 rpm sampai 2000 rpm untuk setiap variabel proses pengujian pada
setiap putaran mesin dilakukan dengan proses pengujian tiga kali, dan kemudian
hasil rata-ratanya adalah diambil dari keseluruhan proses pengujian untuk
mendapatkan hasil yang paling akurat. pada putaran mesin 1000 rpm dengan
pencampuran minyak sereh wangi 15 ml dan etanol 35 ml dengan nilai kepekatan
asap 26,00 %. pada putaran mesin 1500 rpm dengan pencampuran minyak sereh
wangi 15 ml dan etanol 35 ml dengan nilai Opacity 26,55 %. pada putaran mesin
2000 rpm dengan pencampuran minyak sereh wangi 15 ml dan etanol 35 ml
dengan nilai Opacity 20,50 %