Abstract :
Tingginya penggunaan kendaraan pribadi membuat keadaan jalan dikota
besar semakin sesak, karena tidak hanya penduduk asli, namun juga masyarakat
commuter yang bertempat tinggal disekitar kota besar seperti DKI Jakarta,
semarang dan yogjakarta juga memakai sarana jalan, berbagai cara dilakukan
pemerintah, salah satunya adalah meluncurkan sarana transportasi massal yaitu
busway, Sangat disayangkan sekarang ini para pengendara kendaraan beroda dua
maupun beroda empat sudah jarang memperhatikan rambu rambu lalu lintas yang
ada. banyak pengendara melakukan cara pintas agar dapat cepat sampai di tujuan
sehingga menerobos jalur
busway, Banyak kejadian kecelakaan yang terjadi
dikarenakan perilaku menerobos jalur
busway tersebut.
Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah research and
development (R&D), peneliti membuat sistem palang pintu tomatis berbasis
mikrokontroler Arduino Uno dan
Artificial intelligence, dengan
framework
tensorflow dan algoritma pendeteksian Yolov4, sistem akan mendeteksi
keberadaan bus Transjakarta dengan cara melihat angka
Confidence terbesar dari
suatu gambar yang tertangkap oleh kamera dan jika sistem berhasil mendeteksi
adanya bus Transjakarta maka sistem akan langsung mengirim sinyal ke
mikrokontroler Arduino Uno untuk langsung menggerakan motor servo.
Pengujian sistem palang pintu otomatis dengan menggunakan pendekatan
algoritma Yolov4 dilakukan dengan tahapan penelitian menggunakan beberapa
contoh data yang bersumber dari pengambilan video yang dilakukan peneliti di 4
halte bus PT.Transportasi Jakarta, 2 perpotongan separator jalur
busway dan
dibagi menjadi 2 waktu Siang dan malam hari dengan lokasi : halte Pasar
Jatinegara, halte Stasiun Jatinegara, halte Slamet Riyadi, halte Tegalan, separator
jalur
busway Pasar Jatinegara, dan separator jalur
busway kalibaru. Dari Pengujian
yang dilakukan peneliti di 6 lokasi berbeda peneliti memperoleh hasil
Map (
mean
average precision) tertinggi 87.41% pada siang hari dan 74% pada malam hari.