Abstract :
Ruang Henti Khusus Sepeda Motor adalah ruang pada simpang bersinyal yang
digunakan oleh pengguna sepeda motor untuk menunggu dipersimpangan saat
fase lampu lalu lintas berwarna merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Ruang Henti Khusus Sepeda Motor yang sesuai untuk pendekat simpang Jalan
Tjilik Riwut Utara dan Jalan Tjilik Riwut Selatan Kota Palangka Raya dengan
melakukan uji coba simulasi pada software Vissim, serta mengetahui konflik lalu
lintas sebelum dan sesudah uji coba Ruang Henti Khusus Sepeda Motor tersebut.
Berdasarkan hasil analisis, Ruang Henti Khusus yang sesuai untuk pendekat
simpang Jalan Tjilik Riwut Utara dan Jalan Tjilik Riwut Selatan tersebut adalah
tipe kotak dengan lebar 10,5 m dan panjang 8 m.
Analisis menggunakan analisis software Vissim dapat diketahui bahwa penerapan
Ruang Henti Khusus Sepeda Motor dapat meningkatkan kinerja simpang dengan
adanya penurunan panjang antrian pada Jalan Tjilik Riwut Utara mampu
menurunkan panjang antrian sebesar 13,6 meter dan tundaan sebesar 1,1detik.
Jalan Tjilik Riwut Selatan mampu menurunkan panjang antrian sebesar 21,4
meter dan tundaan sebesar 11,6 detik. Jalan Antang mampu menurunkan
panjang antrian sebesar 9,9 meter dan tundaan sebesar 1,1 detik. Sedangkan
untuk konflik lalu lintas terjadi penurunan pada kaki simpang yang diterapkan
Ruang Henti Khusus Sepeda Motor, pada Jalan Tjilik Riwut Utara sebanyak 2
konflik rear end dan untuk konflik lane change sebanyak 1 konflik. Untuk Jalan
Tjilik Riwut Selatan konflik rear end sebanyak 8 dan untuk konflik lane change
sebanyak 0.