Abstract :
Latar Belakang: Salah satu faktor yang menyebabkan masalah gizi pada anak sekolah
dasar yakni kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Edukasi mengenai
pendidikan gizi merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan. Salah satu upaya
meningkatkan pengetahuan gizi dengan memberikan pendidikan gizi menggunakan
media.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian media explosion box dan leaflet terhadap
peningkatan pengetahuan anak sekolah dasar.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggungankan quasi experiment dengan
menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design/Nonrandomized pretest?posttes control group design. Intervensi yang diberikan adalah edukasi pengetahuan
gizi isi piringku menggunakan media explosion box dan leaflet. Sampel penelitian kali
ini siswa kelas V SD Negeri di Lhokseumawe yang dipilih secara random dengan
memperhatikan strata sekolah, dengan masing masing sebanyak 40 siswa. Pengetahuan
diukur menggunakan kuisioner yang akan diberikan sebelum dan sesudah diberikan
intervensi. Data perbedaan rata-rata nilai pengetahuan di analisis menggunakan uji
Paired sample T-Test.
Hasil: Media explosion box meningkat 2,7 nilai probabilitas p=0,000. Sementara
diketahui hasil nilai rerata pengetahuan menggunakan media leaflet meningkat 1,6
p=0,000.
Kesimpulan: Media explosion box lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan
mengenai gizi isi piringku dibandingkan media leaflet.
Kata Kunci: anak usia sekolah dasar, pengetahuan gizi, media explosion box, media
leaflet