DETAIL DOCUMENT
PENGENDALIAN INTERNAL DAN PENCEGAHAN FRAUD PADA BISNIS ONLINE DI INDONESIA
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Yasmin, Arifia
Karunia, Anita
Hanifah, Harnum
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2021-12-31 04:46:00 
Abstract :
Perkembangan pesat bisnis online ini tidak lepas dari perkembangan internet teknologi di Indonesia. Namun, hal ini tidak menjamin semua pebisnis online telah menerapkan pengendalian internal yang efektif dan efisien dalam bisnis mereka. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk dapat mengetahui informasi bisnis online dan untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal bisnis online terhadap pencegahan penipuan dan deteksi dalam perkembangan ekonomi dunia di Indonesia khususnya di lapangan bisnis online. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis, data, dan memanfaatkan teori-teori yang ada sebagai bahan pendukung. Penelitian ini menggunakan sekunder sumber data diperoleh dari jurnal penelitian lain dan didasarkan pada "Experian Global Fraud and Identity Report APAC yang diterbitkan pada 2019-2020. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dari jurnal, buku dan laporan terkait. Pada laporan Experian Global Fraud and Identity Report APAC yang dikeluarkan pada tahun 2019, memaparkan bahwa 50% bisnis termasuk di Indonesia mengalami kerugian dengan adanya kecurangan secara online selama 12 bulan terakhir. Pada tahun 2020, Experian melaporkan bahwa 48% perusahaan Indonesia tiap tahunnya mengalami peningkatan kerugian penipuan yang diakibatkan oleh ketidakmampuan pengenalan konsumen. Untuk mencegah penipuan dimulai dari pengendalian internal dalam bisnis online dengan melakukan otentikasi identitas, memeriksa, atau mendeteksi penipuan. Kata Kunci : Fraud, Bisnis Online, Pengendalian Internal 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama