DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KINERJA PELAYANAN PEGAWAI BAGIAN ADMINISTRASI UMUM TERHADAP TINGKAT KEPUASAN SIVITAS AKADEMIKA DI POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA KOTA TEGAL
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Kamal, Bahri
Bakhar, Muhamad
Bayu Aji, Ade
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2021-12-31 04:45:52 
Abstract :
Bahri Kamal, 2021. Pengaruh Kinerja Pelayanan Pegawai Bagian Administrasi Umum Terhadap Tingkat Kepuasan Sivitas Akademika di Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja pelayanan Pegawai Bagian Administrasi Umum Terhadap Tingkat Kepuasan Sivitas Akademika di Politeknik Harapan Bersama. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik perhitungan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Teknik analisis data adalah kuantitatif dengan menggunakan Analisis Statistik Deskriptif, Uji Kualitas Data (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas), Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Autokorelasi), Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis (uji t dan uji F) dan Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kinerja pelayanan dalam kebersihan terhadap kepuasan sivitas akademika di Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,286, nilai thitung sebesar 4,472, dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kinerja pelayanan dalam sarana prasarana terhadap kepuasan sivitas akademika di Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,337, nilai thitung sebesar 4,070 dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kinerja pelayanan dalam administrasi terhadap kepuasan sivitas akademika di Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,316, nilai thitung sebesar 4,674 dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan atau bersama-sama antara kinerja pelayanan dalam kebersihan, sarana prasarana, dan administrasi terhadap kepuasan sivitas akademika di Politeknik Harapan Bersama, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 157,060 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kepuasan sivitas akademika dipengaruhi oleh kinerja pelayanan dalam kebersihan, sarana prasarana, dan administrasi sebesar 83% , sedangkan sisanya 17% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kebersihan, Sarana Prasarana, Administrasi, Kepuasan 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama