DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI SANTRI TPQ MNU HUBBUL WATHON
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Artika, Sherly Juni
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2021-12-14 03:59:17 
Abstract :
Pembelajaran merupakan proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi santri TPQ Mnu Hubbul Wathon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket atau kuesioner, wawancara, studi pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan uji data menggunakan spss. Data diperoleh melalui pengisian angket atau kuesioner oleh para santri dan dilakukan wawancara dengan guru sebagai data pendukung. Uji yang dilakukan yaitu validitas, reliabilitas,persamaan regresi, uji t, uji normalitas dan uji koefisien determinasi atau uji R square untuk mencari seberapa besar pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebanyak 51%. Dari hasil pengujian spss bahwa nilai sig.(2-tailed) setiap variabel pembelajaran online dan variabel prestasi santri adalah < 0,005. Hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa secara keseluruhan variabel pembelajaran online dan prestasi santri memiliki nilai cronbach?s alpha > 0,06. Variabel pembelajaran online dengan nilai 0,864 dan Variabel prestasi santri dengan nilai 0,819. Persamaan regresi nilai konstanta sebesar 3,086 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,412. Hasil nilai t hitung pada variabel pembelajaran online sebesar 8,028>2,000 dan nilai signifikansi variabel pembelajaran online sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial variabel pembelajaran online terhadap prestasi variabel prestasi santri. Kesimpulan ada pengaruh secara parsial variabel pembelajaran online terhadap prestasi variabel prestasi santri. 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama