DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM MAKANAN RINGAN SYAFIRA DI TENGAH PANDEMI COVID-19.
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Safitriyanah, Siti
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2021-12-15 03:18:57 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan pada UMKM Makanan Ringan Syafira khususnya bauran pemasaran (marketing mix). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke UMKM Makanan Ringan Syafira untuk melakukan wawancara pribadi dengan owner Ibu puji.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan UMKM Makanan Ringan Syafira yaitu bauran pemasaran (marketing mix) 4P yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Strategi produk berupa menentukan logo, menciptakan merek, label, strategi harga yaitu dengan memberikan harga yang relatif terjangkau, strategi tempat berupa fleksibel dalam pengiriman produk ke distributor, strategi promosi berupa potongan harga. Meskipun ada kendala menurunnya penjualan tetapi UMKM Makanan Ringan Syafira masih bisa menemukan solusi dan alternatifnya yaitu dengan menjaga cash flow, memaksimalkan media sosial sebagai media promosi, dan membuat akun marketplace. Kesimpulannya adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh UMKM Makanan Ringan Syafira sudah cukup baik, namun dengan adanya situasi pandemi seperti ini pemilik harus terus meningkatkan promosi melalui media sosial. 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama