DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM JASA VAN CLEAN LAUNDRY BREBES DALAM MENGHADAPI DAMPAK COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Qonitah, Umi Hasna
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2021-12-16 07:12:45 
Abstract :
Strategi Pemasaran adalah suatu wujud rencana yang terurai di bidang pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran UMKM Jasa Van Clean Laundry dalam menghadapi dampak Covid-19 dan mengetahui solusi yang dihadapi UMKM Jasa Van Clean Laundry dalam mempertahankan bisnisnya di tengah Pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian iniPenerapan Strategi Pemasaran pada UMKM Jasa Van Clean Laundry dalam menghadapi dampak Covid-19 menggunakan Strategi STP (Segmenting, Targeting dan Positioning), Segmentasi pasar yang dilakukan pada UMKM Jasa Van Clean Laundry berupa Segmentasi Geografi, Segmentasi Demikgarfis dan Segmentasi Psikografis, Target yang dilakukan pada UMKM Jasa Van Clean Laundry yaitu penetuan target dari kalangan ibu rumah tangga dan semua masyarakat kota Brebes yang berperan dalam menggunakan pelayanan jasa Van Clean Laundry, Posisi yang diterapkan pada UMKM Jasa Van Clean Laundry yaitu memposisikan sebagai usaha laundry yang memberikan pelayanan berkualitas misalnya mempunyai mesin cuci yang berteknologi tinggi sehingga kualitas cucian akan terjamin dan wangi tahan lama. Selain itu mengembangkan Bauran Pemasaran/Marketing Mix yang terdiri dari tujuh variabel atau 7P yaitu Produk (Product) , Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Manusia (People), Bukti Fisik (Physical Evidence), Proses (Proses) yang bertujuan untuk menarik pembeli dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama