DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Widianingsih, Wike Ari
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2021-12-17 08:37:48 
Abstract :
Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Margadana Kota Tegal. Kecamatan Margadana adalah sebuah Kecamatan Margadana yang beralamat Jalan Dr. Mangunkusumo No.457, Sumurpanggang, Kec. Margadana, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Pelayanan publik merupakan segala bentuk jasa pelayanan, baik dari bentuk barang publik ataupun jasa publik sebagai sarana pemberian jasa layanan keperluan masyarakat yang memiliki kepentingan pada instansi tersebut sesuai dengan aturan dan tata cara yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Margadana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data diperoleh dari 100 (seratus) responden yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif kuantitatif , Analisis regresi berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F) dan Koefisien determinasi dengan alat bantu SPSS Versi 22. Hasil perhitungan dengan uji F diperoleh nilai sig. 0,000<0,05 dan Fhitung sebesar 23,912 dengan nilai Ftabel sebesar 2,31 (23,912>2,31), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil kesimpulan Kualitas Pelayanan (variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Masyarakat. 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama