DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MOTIVASI BONUS, MOTIVASI POLITIK, MOTIVASI KONTRAK HUTANG, MOTIVASI PAJAK, MOTIVASI PERGANTIAN CEO, DAN MOTIVASI INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2018)
Total View This Week2
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bank Bpd Jawa Tengah
Author
SAFITRI, NOVIA
Yusuf, Muhammad, SE,M.Si
Subject
HG Finance 
Datestamp
2021-05-05 04:37:50 
Abstract :
Informasi laba sangat penting bagi investor, salah satunya untuk mengetahui prospek laba sehingga dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis. Manajemen berusaha memperbaiki laba perusahaan sebaik mungkin dalam menaksir earning power perusahaan di masa yang akan datang agar terlihat baik di mata investor. Dalam memperbaiki laba perusahaan manajemen melakukan manjemen laba dengan menaikkan atau menurunkan laba perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi bonus, motivasi politik, motivasi kontrak hutang, motivasi pajak, motivasi pergantian CEO, dan motivasi Initial Public Offering terhadap praktik Manajemen Laba.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2018.Metode pengambilan sampel menggunakan purposivesampling dan diperoleh sebanyak 115 sampel.Metode analisis yang digunakan adalah regresi partial least square (PLS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa motivasi politik, motivasi kontrak hutang, motivasi pergantian CEO, dan motivasi IPO berpengaruh positif terhadap manajemen laba, sedangkan motivasi bonus dan motivasi pajak tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kontribusi penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa motivasi politik, motivasi kontrak hutang, motivasi pergantian CEO, dan motivasi Initial Public Offering mempengaruhi praktik Manajemen Laba. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bank Bpd Jawa Tengah