DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MAIN GAME ONLINE DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA REMAJA DI SMPN 1 CIDAHU KABUPATEN KUNINGAN 2022
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi
Author
HOPIPAH, IPAH SITI
Subject
610 Kedokteran & Keperawatan 
Datestamp
2023-01-11 04:00:35 
Abstract :
Latar Belakang : Konsentrasi belajar memiliki kontribusi besar dengan hasil belajar. Salah satu hal yang mengganggu dalam proses konsentrasi belajar adalah kebiasaan main game online. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Biro Pusat Statistik (BPS), jumlah pemain game online meningkat cukup pesat, tercatat lebih dari 19,8 juta pengguna internet pada tahun 2014 dan pengguna game online terbanyak adalah remaja (usia 12-24 tahun). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan main game online dengan konsentrasi belajar pada remaja di SMPN 1 Cidahu Kabupaten Kuningan 2022.Metode : Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif inferensial atau penelitian analitik. Sampel penelitian ini adalah remaja yang duduk dibangku kelas VII SMPN 1 Cidahu Kabupaten Kuningan 2022 berjumlah 183 orang, yang diambil dengan teknik cross sectional. Analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan chi square. Hasil : Hasil penelitian mengenai kebiasaan main game online pada remaja di SMPN 1 Cidahu menunjukkan sebagian besar responden memiliki kebiasaan main game online pada kategori sedang sebanyak 98 orang (53,6%), dan sebagian besar remaja memiliki konsentrasi belajar tinggi sebanyak 101 orang (55,2%). Hasil uji analisis menunjukkan pvalue = 0.024 < 0,05. Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara kebiasaan main game online dengan konsentrasi belajar remaja di SMPN 1 Cidahu dan diharapkan remaja berserta orang tua dan pihak sekolah di SMPN 1 Cidahu mampu bekerja sama dalam menekan kebiasaan bermain game online pada remaja, seperti membuat inovasi dalam melakukan proses pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menciptakan layanan bimbingan kelompok belajar bagi remaja. Kata Kunci : Belajar, Hasil Belajar, Kebiasaan Main Game Online, Konsentrasi Belajar dan Remaja. Literatur : 20 Buku (1992-2017), 26 Jurnal (2010-2020), 7 Laporan (2014-2021) 1 Undang-Undang (2003), 6 Skripsi (2014-2020) 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi