Abstract :
Angka penggunaan gadget pada anak usia dini masih tinggi. Survey BPS
tahun 2020 mencatat bahwa sebanyak 47,7% anak prasekolah 5-6 tahun telah
menggunakan gadget. Studi menyebutkan bahwa dampak negatif penggunaan
gadget adalah terjadinya penurunan konsentrasi belajar, penurunan dalam
kemampuan bersosialisasi, mengalami kecanduan, perkembangan kognitif anak
terhambat dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Penelitian ini bertujuan
yaitu untuk menganalisis hubungan durasi penggunaan gadget dengan kualitas tidur
dan motivasi belajar di TK Remyangsari Kelurahan Cirendang 2022.
Jenis penelitian ini adalah analitik dengan rancangan cross sectional.
sebanyak 60 responden dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik total
sampling. Adapun pengumpulan data menggukan kuesioner, distribusi frekuensi
digunakan untuk analisis univariat dan chi-square untuk analisis bivariat.
Hasil penelitian didapatkan data bahwa sebagian besar responden memiliki
durasi penggunaan gadget dalam kategori < 2 jam (56,7%), memiliki kualitas tidur
dalam kategori kurang baik (56,7%), dan memiliki motivasi belajar dalam kategori
tinggi (53,3%). Hasil analisis bivariat didapatkan hubungan antara durasi
penggunaan gadget dengan kualitas tidur (p value = 0,025) dan hubungan antara
durasi penggunaan gadget dengan motivasi belajar (p value = 0,004).
Kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara durasi
penggunaan gadget dengan kualitas tidur dan motivasi belajar di TK Remyangsari
Kelurahan Cirendang 2022. Saran bagi orangtua siswa diharapkan tetap menjadi
kontrol kendali dalam penggunaan gadget pada anak usia dini dengan batasan
maksimal waktu tidak kurang dari 2 jam.
Kata kunci : Anak Usia Dini, Durasi, Kualitas Tidur, Motivasi Belajar,
Penggunaan Gadget.
Kepustakaan : 5 Buku ( 2010-2022), 9 Jurnal ( 2017-2022), 9 Skripsi (2017-2022),
2 Artikel ( 2019-2022).